google-site-verification: google68d4ae72bde1343b.html Yuk Belajar Ekonomi: Mau Pilih Beli Online atau Offline

Kamis, 24 November 2016

Mau Pilih Beli Online atau Offline


Pada era millineal seperti sekarang ini,kemajuan teknologi memang sudah tidak bisa diabaikan lagi. Tidak seperti ketika kita masih kecil,dimana Ibu kita senantiasa pergi ke pasar atau toko untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mulai dari kebutuhan pangan seperti beras,minyak,gula maupun kebutuhan sandang seperti baju,sepatu dan celana. Semuanya harus kita beli di toko atau pasar. Namun semenjak internet semakin berkembang,mulai bermunculan toko-toko berbasis internet atau yang lebih kenal dengan toko online mulai membanjiri Indonesia. Lalu apa keunggulan dan kelemahan dari masing-masing transaksi jual beli online dan offline ini. Berikut adalah penjelasan saya:

1.Beli Offline

Ketika kita bertransaksi offline kelemahanya adalah mau tidak mau penjual dan pembeli harus bertemu,tentu butuh tenaga ekstra untuk pergi ke toko yang terkait seperti:pasar tradisional,supermarket,dan minimart,barang yang dijual terbatas mencakup barang yang dimiliki oleh penjual tersebut saja,biasanya harus  dibayar dengan uang tunai. Adapun kelebihan bertransaksi offline adalah kita bisa melihat dan merasakan langsung barang yang ingin kita beli,tidak ada tambahan untuk ongkos kirim dan beberapa tempat barang yang ingin kita beli bisa ditawar untuk mendapatkan harga yang lebih rendah daripada harga normalnya.

2. Beli Online
Di Indonesia sekarang,sudah banyak sekali toko online yang muncul mulai dari lazada, tokopedia. olx, bukalapak dan masih banyak lagi. Dimana toko online memiliki jenis-jenis toko online yang berbeda juga seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya.Toko online memang memberikan sejuta kemudahan bagi para pembelinya mulai dari pemesanan yang dapat dilakukan dimana saja melalui laptop atau smartphone,banyak sekali pilihan barang yang bisa dibeli dari banyak penjual yang ada di Indonesia maupun di luar negeri,metode pembayaran yang bisa digunakan mulai dari cash on delivery (cod),transfer bank,pembayaran kartu kredit maupun menggunakan uang virtual seperti paypal,dan bonus-bonus yang menarik seperti potongan harga,gratis ongkos kirim maupun cashback atau uang kembali. Adapun kelemahan dari toko online itu sendiri adalah kita tidak dapat melihat langsung barang yang kita beli jika tidak membeli baran secara COD sehingga kadang banyak pembeli yang mengeluh karena barang yang dibeli tidak sesuai dengan yang ada di toko online,kemudian ada tambahan biaya untuk ongkos kirim barang yang dibeli,barang yang kita beli tidak langsung didapat melainkan harus ditunggu beberapa hari hingga barang yang dibawa oleh kurir sampai ke tempat kita dan yang terakhir tentunya  kita tidak bisa menawar barang yang kita beli yakk,hehe.

Namun,masih ada beberapa toko yang menerapkan double sell,sehingga kita bisa membeli barang dari toko tersebut secara online maupun offline. Hal itu dikarenakan selain dijual secara online di internet toko tersebut juga memiliki toko/supermarket yang menjual barangnya secara offline. Penyebab mereka melakukan hal tersebut karena fenomena toko online belumlah lama muncul di Indonesia tidak seperti di Amerika Serikat yang memang sudah ada sejak lama toko online seperti amazon dan ebay,sehingga untuk barang-barang tertentu seperti baju,handphone dan lain sebagainya mereka belum merasa puas jika belum melihat langsung barang yang ingin dibelinya. Toko yang melakukan konsep tersebut adalah matahari mall dan berrybenka.

Itulah artikel yang bisa saya jelaskan kali ini,semoga bisa memberikan manfaat kepada teman-teman yang sudah membacanya yak. Terima kasih sudah datang ke blog saya dan sampai jumpa untuk artikel yang selanjutnya yakk.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar